Sunday, February 8, 2015

Penampilan yang Sempurna

Pada dasarnya manusia ingin terlihat menarik, terutama di mata lawan jenis. Tidak hanya wanita yang ingin tampil menawan, pria pun sama. Agar terlihat lebih menarik, cara yang biasanya dilakukan adalah memperbaiki atau memperindah penampilan. Sebenarnya, penampilan itu apa ya?

(gambar diambil dari : psychologyineducation.wordpress.com)

Penampilan mempunyai beragam pengertian. Tapi jika dapat disimpulkan, penampilan merupakan bentuk dari pernyataan diri, berupa yang terlihat langsung oleh mata maupun yang terpancar dari dalam diri. Yang terlihat langsung oleh mata merupakan penampilan fisik, sedangkan yang terpancar dari dalam diri merupakan penampilan jiwa yang biasanya terlihat dari tingkah laku dan cara serta isi dari pembicaraan seseorang. Penampilan fisik dan jiwa dapat menentukan dari kalangan sosial manakah seseorang berasal.

Seseorang berpakaian necis biasanya identik dengan kalangan berada. Berbeda dengan seseorang yang berpakaian seadanya, misalnya berkaos oblong dan celana jeans yang lusuh, seseorang tersebut biasanya identik dengan kalangan menengah ke bawah. Tentu saja pakaian luar tidak dapat menentukan secara langsung dari kalangan mana dia berasal, karena kadang tingkah laku dan isi pembicaraan dapat menentukan darimana seseorang sebenarnya berasal. 

Singkatnya penampilan yang sempurna tidak hanya penampilan fisik saja yang sempurna tetapi juga penampilan yang terpancar dari jiwanya. Seperti kata pepatah, "don't judge a book by its cover," jangan menilai buku dari sampulnya saja.

No comments:

Post a Comment