Sunday, March 1, 2015

7 Langkah Mengatur Waktu Yang Kreatif

Merasa waktu 24 jam terasa cepat tapi tidak mendapat keuntungan atau pencapaian yang optimal? Terburu-buru, kalut, dan stress menghadapi deadline pekerjaan atau pribadi yang sudah tiba? Mungkin itu tandanya pengaturan waktu kita buruk.

Mengatur waktu dengan baik berarti mengatur hidup dengan baik. Mengatur waktu yang kreatif berarti mengatur hidup dengan pencapaian yang optimal dan maksimal. Dengan mengatur waktu yang kreatif, kita dapat menjadi lebih terkendali.

Memburu waktu (sumber : officetime.net )

Berikut adalah 7 langkah mengatur waktu yang kreatif:

* Selalu aktif, bukan reaktif

Membuat keputusan tentang bagaimana mengisi waktu dengan aktif, bukan reaktif akan tuntutan yang datang. Misalnya laporan deadline yang harus diserahkan pada tanggal 1 di setiap bulannya, dikerjakan sedikit demi sedikit selama sebulan daripada dikerjakan semua pada akhir bulan menjelang tanggal deadline. Kegiatan aktif ini sebaiknya berdasarkan rencana utama yang sudah dibuat.

* Menentukan rencana utama

Setiap manusia mempunyai rencana masa depan dalam hidupnya. Ada yang ingin menempuh pendidikan hingga S3 dalam 5 tahun ke depan, ada yang ingin menikah 3 tahun yang akan datang, dan sebagainya. Semuanya adalah rencana utama, rencana yang berorientasi masa depan.

* Menentukan prioritas tindakan

Ketika sudah menentukan rencana utama, selanjutnya adalah menentukan prioritas tindakan untuk mencapai rencana-rencana utama tersebut.

* Mempertahankan fokus

Produktivitas akan maksimal jika prioritas tindakan berkonsentrasi pada satu proyek utama dulu. Jika sudah selesai baru melanjutkan ke proyek-proyek utama berikutnya atau proyek-proyek yang berada di skala prioritas selanjutnya. Untuk memudahkan, kita dapat menyederhanakan rencana-rencana utama lalu menentukan prioritas jangka pendek.

* Menciptakan tenggat waktu yang realistis

Tenggat waktu yang realistis dapat membantu agar tetap fokus pada rencana utama di masa depan, dan terutama prioritas jangka pendek.

* Lakukan sekarang (DO IT NOW)

D = Divide. Bagi dan kuasai apa yang harus dilakukan. Bagi menjadi tugas-tugas kecil dan tentukan setiap bagian yang kecil tersebut tenggat waktu yang realistis.
O = Organize. Mengatur bagaimana melakukan tugas-tugas kecil tersebut dalam tenggat waktu yang sudah ditentukan tadi.
I = Ignore. Mengabaikan gangguan-gangguan yang yang dapat mengalihkan perhatian.
T = Take. Mengambil kesempatan untuk melakukan segalanya seorang diri.
N = Now. Sekarang, bukan besok. Jangan menunda.
O = Opportunity. Ambil segala kesempatan yang menguntungkan. Tentunya dengan tidak melanggar hukum atau norma yang berlaku.
W = Watch out. Waspada pada pemakan waktu seperti menonton televisi, mengobrol dengan teman, main games, dsb.

* Menyeimbangkan hidup

Selain fokus dengan rencana-rencana utama dalam hidup, jangan lupa bahwa diri pribadi kita juga punya hak untuk bersantai. Baik itu dengan "me time" atau bercanda bersama kawan baik dan keluarga.



Dikutip dari buku Creative Time Management karya DR. Jan Yager

No comments:

Post a Comment