Wednesday, February 24, 2016

Cara Mendapat Uang Tambahan Lewat Internet

  Money Online (forbes.com)

Bagi yang memiliki hobi berada di depan komputer atau laptop tentu akan sangat menyenangkan jika hobi tersebut dapat menghasilkan meskipun terhitung kecil, hanya 1 atau 2 dollar Amerika saja. Namun, bukankah yang sedikit itu apabila dikumpulkan akan menjadi banyak, kan?

Cara mendapatkan uang tambahan lewat internet ada beragam. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Yang jelas untuk mendapatkan uang tambahan lewat internet butuh kesabaran.
Banyak orang menyerah begitu saja karena melihat uang yang didapat lewat internet hanya sedikit dan cukup menyita waktu. Hey, di dunia ini tidak ada yang instan kan? Semua butuh usaha jika kita ingin mendapat lebih. Apabila orang lain bisa mendapatkan penghasilan yang banyak lewat internet, tentu kita juga bisa. Dan semua tergantung bagaimana kesabaran kita untuk mencapainya. Mereka yang mendapat banyak uang lewat internet bukanlah orang-orang yang pemalas yang ingin gampangnya saja, tapi mereka mendapat banyak setelah berusaha dengan beragam cara, mendapatkan kuncinya, dan terus mengembangkan tingkat pengetahuannya.

Berikut adalah beberapa cara mendapat uang tambahan lewat internet yang penulis tahu kebenaran hasilnya.

1. Membuat blog atau website
    Yup, blog dan website ternyata dapat menghasilkan uang. Ada beberapa penyelenggara iklan di dunia maya ini yang memanfaatkan blog atau website sebagai mitranya. Yang sudah terkenal contohnya adalah Google Adsense. Menurut pengalaman penulis, hal ini benar adanya namun prosesnya cukup panjang apalagi bagi yang kurang paham mengenai internet.
Apabila ingin memperoleh banyak penghasilan dari Google Adsense, kita harus paham mengenai SEO terlebih dahulu hingga akhirnya dapat menyedot banyak pengunjung ke blog atau website kita. Mengapa pengunjung harus banyak? Karena 1 dollar senilai dengan sekitar 1000 pengunjung. Dan nilai tersebut akan bertambah banyak apabila pengunjung ada yang meng-klik iklan yang dipasang di halaman blog atau website kita.

2. Berjualan online
    Indonesia tercatat sebagai negara yang e-commerce atau perdagangan online nya berkembang dengan pesat. Jumlah penduduk Indonesia yang memiliki akses internet ada sekitar 65 juta orang. Dan jumlah ini diperkirakan akan terus berkembang. Mereka merupakan pangsa pasar yang cukup signifikan bagi para penjual online. Selain itu, layanan jasa antar barang pun sekarang semakin mudah ditemui di hampir setiap daerah.
Bagi yang ingin memulai jualan online, ada banyak layanan pusat penjualan online yang menyediakan tempat bagi para individu untuk istilahnya menitipkan dagangannya di websitenya. Hal ini dikenal dengan istilah marketplace. Beragam website kini telah menyediakan layanan ini seperti Zalora, Lazada, Bukalapak, atau Tokopedia. Masing-masing website memiliki kelebihannya sendiri-sendiri dan ada yang berbayar, ada yang tidak.

3. Menjadi kontributor atau penulis artikel
    Bagi para pemilik website yang mengharapkan websitenya dikunjungi terus menerus tentunya ia harus menyediakan tulisan-tulisan yang menarik.  Dan sesungguhnya menulis itu tidaklah gampang. Bagi yang memiliki keterampilan menulis, dapat langsung mencari lowongan pekerjaan sebagai penulis lepas di www.sribulancer.com. Bayarannya tergantung dari yang ditawarkan oleh para pemberi pekerjaan.

4. Mengisi survey
    Ada banyak situs survey berbayar di dunia maya ini. Tapi mengisi survey membutuhkan kesabaran apalagi bagi orang-orang yang tidak sabaran.  Penulis sendiri telah mengikuti beberapa survey dan ada yang langsung menghasilkan, ada yang tidak. Hingga saat ini penulis berhasil menarik uang sekitar 4 kali dengan nominal yang berbeda, mulai dari 250 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah. Waktunya pun tergantung ramai atau tidaknya survey. Rata-rata penulis mendapatkan uang 1 juta rupiah dalam waktu sekitar 6 bulan. Terhitung lama, tapi lumayan kan, anggap saja sebagai bonus. Berikut adalah gambar pembayaran survey yang telah diterima penulis.



Lumayan, bukan? Bagi yang ingin mencoba, bisa mengirimkan permintaan undangan survey dengan menuliskan alamat email di kolom komentar.
Well, akhir kata, rejeki bisa dicari dimana saja asal kita mau berusaha dan tetap sabar menjalaninya. Sesuatu yang dilakukan dengan keringat sendiri tentu jauh lebih menyenangkan dan berkesan daripada meminta dari orang lain. Hidup adalah proses dan pilihan.

No comments:

Post a Comment